Tips Menghilangkan File Yang Sulit Dihapus di Android Hingga Tuntas

Dalam beberapa kondisi, kita akan kesulitan menghapus file. Penyebabnya bisa karena file tersebut corrupt atau karena terdapat kerusakan di sistemnya. Jika di memori eksternal, micorSD yang corrupt juga bisa membuat file sulit dihilangkan. Mungkin jika filenya hanya 1 atau 2 tidak begitu masalah. Namun jika bentuknya sudah folder dan jumlahnya cukup banyak, tentu akan mengganggu kinerja android anda. Memori penyimpanan pun akan penuh karena file yang sulit dihapus.

Namun untuk menghapus file tersebut tidak perlu dengan cara rumit. Bahkan tanpa melakukan root pun kita bisa menghapus jenis file tersebut. File tersebut harus segera dihilangkan dari ponsel. Karena bisa jadi jenis file tersebut merupakan virus yang menyamar menjadi dokumen, foto, atau musik. Dengan beberapa bantuan seperti aplikasi pihak ketiga, pembersih bawaan sampai laptop, kita bisa melakukan pembersihan file. Berikut beberapa ulasan caranya yang bisa anda coba.

Tips Menghilangkan File Yang Sulit Dihapus

  1. Menggunakan Sdcard Cleaner

File yang corrupt akan sulit dihapus secara manual. Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Salah satunya SDCard Cleaner. Install aplikasi seperti biasa dan tekan tombol Start. Kemudian aplikasi akan melakukan scanning file. Aplikasi akan menampilkan hasilnya dan klik ikon tempat sampah untuk menghapus file tersebut. Jika muncul peringatan, tekan OK. Ulangi semua langkah sampai selesai.

  1. Menggunakan pembersih bawaan android

Smartphone keluaran terbaru umumnya sudah dibekali fitur cleaner. Fitur tersebut bermanfaat untuk mencari file tidak berguna agar tidak menumpuk di ponsel. Letak fiturnya cukup bervariasi. Anda bisa mencarinya di menu Pengaturan kemudian klik pilihan Penyimpanan. Disana sudah tersedia fitur cleaner untuk mendelet berkas yang tidak berguna dan sulit dihapus.

  1. Hapus menggunakan PC

Menghapus file menggunakan bantuan PC lebih mudah metodenya. Anda bisa menghubungkan perangkat android dengan kabel data ke PC. Jika file yang sulit dihapus di SD Card, anda bisa menggunakan card reader agar lebih praktis. Setelah terhubung, cari folder file tersebut. Cari lokasinya dan hapus dengan cara biasa. Cara satu ini bisa berhasil. Sebab terkadang perangkat android tidak sepenuhnya memiliki akses untuk melakukan penghapusan file. Sementara jika dihubungkan ke PC hasilnya akan berbeda.

  1. Buat backup dan lakukan format

Jika langkah-langkah diatas tidak mempan, anda bisa menggunakan cara format file. Pertama-tama buat cadangan file penting terlebih dulu. Baik dengan memindahkan ke cloud atau ke PC. Setelah semua file tercadang, lakukan format file. Anda bisa melakukan format melalui smartphone atau PC. Factory reset juga bisa anda coba untuk menghapus file tersebut. Jika format sudah selesai, pindahkan backup file ke ponsel dan gunakan kembali seperti biasa.

~

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*